info kilat

Begini loh cara hemat kuota data hp sobat

ilmukilat.com – Smartphone tanpa kuota bagaikan lauk tanpa garam, mungkin begitu istilah nya. Sehari saja tanpa ketemu dengan yang namanya internet hidup terasa hampa. Berbagai penyedia layanan kuota internet atau provider menawarkan harga yang bervariasi tergantung dari kualitas sinyal dan ke stabilan yang di berikan, semakin bagus dan stabil kualitas yang di berikan semakin mahal pula harga yang haru di keluarkan untuk membeli kuota interner tersebut, tetapi itu cukup sebanding dengan kestabilan koneksi internet yang di berikan. Bayangkan aja lagi asik asik streming atau ngegame ehhh koneksi nya hilang pasti kesel banget.
Begini loh cara hemat kuota data hp sobat
image from pixabay
Seperti yang sudah di bahas tadi semakin bagus dan stabil kualitas sinyal yang di berikan maka semakin mahal pula harganya. Bagi sobat yang berdompet tipis tapi maunya kualitas yang bagus. Sobat bisa membaca dan langsung mempraktekan nya sendiri. Cukup ikuti tips tips hemat kuota berikut ini.

Tips hemat kuota internet

1. Aktifkan fitur chrome data saver

Jika sobat adalah pengguna aplikasi browser chrome. Maka sobat bisa lebih menghemat penggunaan data dengan mengaktifkan fitur data saver. Untuk caranya sangat mudah cukup ikuti langkah berikut. Masuk ke aplikasi google chrome Pergi kemenu setting > data saver > ON
Fitur ini dapat menghemat penggunaan data internet sobat hingga 50%. Cukup besar bukan. Sobat bisa langsung mencobanya.

2. Batasi penggunaan data di background

Aplikasi yang berjalan di background selain menguras ram juga lumayan menguras kuota data internet anda. Untuk itu batasi lah penggunaan data di background anda. Caranya sangat mudah sobat cukup mengikuti cara berikut.

setting > data usage > tap > klik garis vertikal di pojok kanan atas > restrict background data > OK

namun ada kekurangan dari cara ini. notifikasi dari aplikasi akan sampai dengan terlambat.

3. Identifikasi aplikasi yang banyak menyedot kuota

Berbagai macam aplikasi yang ada di dalam smartphone sobat. dengan berbagai macam tingkat keborosan kuota. Ada yang banyak menyedot kuota internet ada juga yang tidak terlalu banyak memakan kuota internet. Karna itu sobat harus tau seberapa banyak aplikasi yang ada di smartphone sobat menyedot kuota internet. Sobat bisa ikuti cara berikut ini. Setting > data usage dan sobat bisa scroll kebawah dan mencari aplikasi yang menyedot banyak kuota. Lalu sobat bisa lebih mengontrol penggunaan aplikasi tersebut.

4. Usahakan update aplikasi hanya dengan WiFi

dari pada mendownload aplikasi menggunakan kuota internet lebih baik sobat menggunakan WiFi. Beberapa developer biasanya mengupdate aplikasinya dengan jumlah yang besar. Nahhh dari pada menggunakan kuota internet lebih baik memanfaatkan WiFi di area sekitar anda. Jika anda pengguna google play store biasanya akan mengupdate aplikasi dengan otomatis anda bisa mengubah nya ke WiFi only. Untuk caranya sangat mudah anda bisa mengikuti langkah langkah berikut ini.

Masuk ke aplikasi google playstore langsung ke menu setting > auto update apps > Auto-update apps over WiFi Only

Sangat simpel bukan sobat bisa langsung mempraktekanya.

5. Ubah fitur map ke mode offlime

Aplikasi penyedia peta seperti google maps sangat menguras kuota internet anda. Sayang nya tidak banyak orang yang tau bahwa aplikasi maps ini menguras banyak kuota sobat. maka sobat di sarankan mengaktifkan mode offline dari aplikasi tersebut. Untuk caranya sangat mudah aobat hanya perlu mengikuti langkah berikut ini.
Sentuh menu search pada aplikasi lalu scroll ke bawah sampai sampai anda menemukan save map to use offline . Mudah bukan sobat bisa langsung mengaktifkan map mode offline. Tapi cara ini hanya berfungsi pada perangkat android saja. Sedangkan untuk perangkat IOS berbeda.

Baiklah itu dia beberapa tips bagaimana sobat bisa menghemat kuota internet. Sobat bisa memperaktekan salah satu atau beberapa tips di atas. Ingat gunakan kuota internet sobat dengan bijak hemat kuota sama dengan hemat uang. Jika artikel ini kurang membantu maka sobat bisa mencari dari sumber lain atau konsultasikan dengan orangbyamg mengerti tentang masalah ini.(adel)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close