info kilat

Cara agar tidak tertipu belanja online, wajib tahu!

Ilmu Kilat – perkembangan dunia teknologi mendorong kemudahan ada dimana-mana tak terkecuali dalam dunia belanja. Jika dahulu kala kita hanya bisa melakukan pembelian melalui pasar atau toko resmi toko fisik istilah nya, kini semua itu bisa dilakukan dengan hanya duduk saja di rumah dan barangpun datang dengan sendirinya. Ya berkat kemajuan dunia teknologi memang kita semakin maju setiap tahun nya.
Berkat adanya Toko Online atau e commerce pembelian dapat dilakukan dengan sistem transaksi online dan barang di kirim melalui jasa kurir. Apapun barang nya kini dapat dengan mudah kita temukan di situs belanja online yang ada di dunia.
Di indonesia sendiri ada banyak e commerce yang menawarkan kemudahan dalam berbelanja online dengan berbagai diskon yang mereka berikan. Belanja mudah dengan menggunakan uang virtual maupun kartu kredit.
tips+belanja+online
from pixabay
Tetapi meskipun keamanan dalam berbagai situs belanja online ini tergolong canggih namun masih ada saja pihak yang menyalah gunakan kewenangan mereka untuk melakukan penipuan kepada calon pembeli nya, ciri-ciri penipu online yang berkeliaran di situs e commerce sebenarnya dapat dengan mudah kita kenali.
Namun sangat sulit untuk kita yang masih awam dalam dunia belanja online ini, sebab oknum penipu online ini biasanya lebih cerdik di bandingkan dengan kita, maka dari itu anda harus tahu bagaimana sih ciri-ciri situs atau penjual yang ingin melakukan penipuan itu, disini kami akan mencoba memberikan sedikit informasi nya.
  1. Seorang penipu online biasanya tidak memiliki nilai rating yang bagus di lapak e commerce nya.
  2. Barang yang di jual selalu di bawah pasaran, artinya barang jauh lebih murah dari harga yang semestinya.
  3. Tidak mau di ajak COD (cash on delievery) ataupun Rekber (rekening bersama).
  4. Selalu berkilah ketika di tanya identitas.
  5. Seringkali mengarahkan pembeli untuk bertransaksi di luar rekber.
Ketika anda menemui hal janggal dalam bertransaksi jual beli online sebaiknya secepat mungkin untuk memeriksa nya, jangan sampai anda masuk kedalam jebakan oknum penjual nakal yang hanya ingin mengeruk uang kita.
Lalu bagaimana caranya supaya belanja online itu mudah tanpa harus tertipu? sebenarnya setiap situs belanja online sudah membekali peraturan bahwa jangan pernah melakukan transaksi diluar skenario rekber situs tersebut.
Beberapa situs e commerce di indonesia yang sudah teruji aman dan terpercaya dalam melayani banyak pembeli antara lain adalah.
  • Bukalapak
  • Tokopedia
  • Shopee
  • Zilingo
  • Zalora
  • dan masih banyak lagi pokoknya.
 Intinya dari semua situs jual beli online yang menawarkan produk secara real adalah mereka para penjual yang benar-benar mempromosian barang dagangan mereka secara nyata bukan hanya sekedar dropship saja. Penjual yang sudah terpercaya biasanya memiliki toko fisik yang dapat di cari sesuai dengan alamat yang mereka cantumkan.
 Cara lain nya agar tidak mudah tertip dalam belanja online, sebaiknya kita sebagai calon pembeli memahami betul skema dari belanja online itu sendiri, berdasarkan sistem belanja online yang sering di gunakan biasanya adalah :
#Pembeli
disini kita sebagai calon pembeli melakukan pembelian barang sesuai dengan yang kita kehendaki.
#Penjual
orang yang bertugas menjual barang dagangan mereka di lapak yang sudah di buat di situs belanja online.
#Situs belanja online/Rekber
jika anda sudah selesai memilik barang yang akan di beli, di wajibkan untuk melakukan pembayaran melalui rekber dari situs dimana anda membeli barang tersebut, ikuti saja intruksi yang di berikan ketika melakukan pembayaran, jangan sekali-sekali melakukan pembayaran tanpa rekber situs belanja online tersebut.
Barang yang sudah berhasil anda beli tidak serta merta akan langsung dikirim, terkecuali anda masih dalam satu kota, biasanya ada jasa kurir cepat, yang dalam beberapa jam saja barang pembelian anda sudah sampai dirumah.
Berbeda jika anda berada di kota yang berbeda, maka status pembelian masih di pending sampai pelapak memproses pembelian anda dan kemudian mengirimkan sesuai alamat yang anda berikan pada akun situs belanja online tadi.
Setelah barang anda di proses jangan lupa lakukan pengecekan atau tracking resi dari barang yang anda beli tadi, validnya mungkin menunggu beberapa jam kemudian baru resi bisa di cek. Demikianlah informasi hari ini, semoga anda tidak tertipu dalam belanja online nanti.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close